Tanaman Hutan Tropis Obati Sakit Gigi

TIDAK ada yang lebih buruk dari sakit gigi. Namun jangan khawatir. Obat sakit gigi sudah ditemukan di hutan tropis Amazon. Adalah tanaman langka acmella oleracea. Seperti yang dikutip Daily Mail, tanaman ini bisa menggantikan obat penghilang rasa sakit, bahkan yang sangat nyeri sekalipun.

Francoise Barbira Freedman, antropolog dari Cambridge University menemukan tanaman tersebut 30 tahun lalu. Saat itu ia menetap bersama suku Peru dan belajar samanisme (ilmu perdukunan). Ketika ia mengalami sakit gigi, masyarakat setempat memberikannya obat yang seketika menghilangkan rasa nyeri pada gigi. Ia lalu mencari tahu tanaman asal dari obat tersebut.

Beberapa tahun kemudian, sebuah tim ilmuwan berhasil menguji tanaman acmella. Ilmuwan menggunakan ekstrak tanaman unuk menciptakan sebuah gel yang dapat memblok reseptor nyeri di ujung syaraf. Uji klinis menunjukkan, gel tersebut bisa mengurangi nyeri setelah pencabutan gigi dan berfungsi lebih efektif dibandingkan analgesik, jika digunakan pada penderita penyakit gusi.

Selama uji informal yang dilakukan dokter gigi Peru, ekstrak tanaman juga membantu menyembuhkan luka pada mulut yang disebabkan penyakit gusi, gigi palsu dan sakit akibat pemakaian kawat gigi. Menurut Freedman, penemuan ini memungkinkan untuk menggantikan suntikan anestesi selama pengobatan gigi.

Hasil tes juga menunjukkan gel ini memiliki aplikasi yang lebih luas. Ia menyakini, kebanyakan orang akan lebih memilih ekstrak acmella karena obat-obatan alami. Obat ini juga tidak berbahaya jika dikonsumsi anak-anak.

Peneliti berencana untuk mempublikasikan hasil uji klinis dalam jurnal internasional, dan akan melakukan penelitian lebih lanjut. Menurut Freedman, obat ini akan tersedia dalam waktu dua tahun ke depan.

Sumber 

2 thoughts on “Tanaman Hutan Tropis Obati Sakit Gigi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s